"Senjata" Ford buat Pasar Asia Tenggara

Bangkok, KompasOtomotif - Ford tengah menyasar negara-negara di Asia Tenggara sebagai target peluncuran produk-produk baru. President Ford Asia-Pasific, Dave Schoch, mengatakan, pada 2013 angka penjualan seluruh model mencapai 3 juta unit. Ke depannya diproyeksikan mencapai 4 juta unit. 

"Total, penduduk Asean itu ada 600 juta jiwa, di mana 390 juta jiwa di antaranya adalah target pengguna kendaraan," ujar Schoch, saat ditemui di Bangkok International Motor Show 2014, Bangkok, Thailand, Selasa (25/3/2014). 

Dibanding Amerika Serikat, lanjut Schoch, yang jumlah potensi pengguna kendaraan hanya 250 juta jiwa, Asia Tenggara tentunya bisa menjadi target pasar yang menarik. Beberapa negara yang telah masuk "radar" pemasaran, antara lain, Thailand, Indonesia, Malaysia, Filipina dan Myanmar. Ditambah lagi, tingkat ekonomi yang kian membaik setiap tahunnya dari negara-negara tersebut. 

Selain Asia Tenggara, Ford juga membidik negara lain, yakni China, India, Australia dan Selandia Baru. Menurut Schoch, negara-negara tersebut memiliki tren penjualan yang baik setiap tahunnya. "Di India, proyeksi kita 6 hingga 7 juta per tahun. Sementara Australia dan Selandia Baru cenderung stabil di angka 1 juta unit per tahun," tambahnya. 

Produk unggulan 
Ford telah meluncurkan tiga varian sebagai andalan, yakni New Fiesta 1.0L EcoBoost, EcoSport dan yang masih berbentuk konsep, Everest. Masing-masing mengisi kelas hatchback, SUV kompak dan premium. 

New Fiesta 1.0L EcoBoost sendiri telah dipasarkan sejak pekan ketiga bulan Maret 2014 di 100 negara, termasuk Indonesia. Dengan sedikit perombakan model tersebut menyasar para profesional muda yang modern dan aktif. Meski mengusung mesin kecil 1.0L dengan 3 silinder, akselerasi 0 - 100 kpj ditempuh dalam 8 detik. Hasil tersebut menyamai varian terdahulu dengan mesin lebih besar 1.5L, 4 silinder. Konsumsi BBM diklaim 19 kpl. performa tersebut pula yang mengantarkan EcoBoost meraih penghargaan Best International Engine Of the Year pada 2013 dan 2014. 

Si Pintar
Ford menjuluki EcoSport sebagai "Si Pintar". Hal tersebut dianggap pantas diterima karena sejumlah fitur dijejali untuk memanjakan pengemudi dan penumpang. Ekspektasi masyarakat urban terhadap mobil tidak sekadar stylish, tetapi juga penuh fitur, plus tangguh melintasi berbagai medan. Andalan utama tentu fitur SYNC, sistem pada head unit yang mampu mengenali perintah suara dalam bahasa Inggris. 

Selain itu, dilengkapi pula dengan kontrol traksi, kontrol stabilitas, dan hill start assist yang mampu menahan mobil agar tidak mundur ketika berhenti di tanjakan, saat hendak kembali melaju. Transmisi otomatik 6-percepatan, kopling ganda (dual clutch powershift) mampu memanjakan pengemudi, dengan menghadirkan pengendalian lebih nyaman responsif. 

Makin spesial ketika Ford menjual dengan banderol yang terjangkau. Tentu ini membuat para pesaing seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, bahkan Nissan Juke harus waspada. 

Everest Concept
Meski baru berbentuk konsep, President Ford Asean, Matt Bradley, memastikan Everest hadir untuk bersaing kelas SUV menemani Fortuner dan Pajero Sport. Tentu, dengan fitur dan tenaga yang diklaim, lebih ganas. Everest generasi terbaru tersebut diperkenalkan ke publik pertama kali di BIMS 2014.

Related Posts:

0 Response to " "Senjata" Ford buat Pasar Asia Tenggara"

Posting Komentar