Pembelian Mobil Impor Dibatasi di Rusia

Moskwa, KompasOtomotif – Pemerintah Rusia coba membantu pertumbuhan industri otomotif lokal dengan menjamin ketersediaan pasar dari dalam negeri. Salah satunya, rencana membatasi pembelian mobil impor (CBU) dan mendorong konsumsi produk lokal.
Menteri Perindustrian Rusia, Denis Manturov, mengatakan, daftar usulan pembatasan pembelian mobil CBU oleh lembaga pemerintah pusat dan daerah sudah diserahkan kepada eksekutif untuk diberlakukan segera. “Akan segera dibahas dan diberlakukan secepat mungkin,” jelas Manturov, dilansir Interfax (24/3/2014).
Penjualan mobil baru di turun 6 persen pada 2013 menjadi 2,78 juta unit, sekaligus mengakhiri pertumbuhan dua digit yang selama ini berlangsung dalam tiga tahun sebelumnya. Kondisi ini juga membuat ambisi Rusia tertahan menjadi pasar terbesar di Eropa, menggeser Jerman.
Dalam dua bulan pertama tahun ini, total penjualan mobil turun 4 persen. Menurut Asosiasi Bisnis Eropa (AEB), produsen mobil lokal terbesar di Rusia, Lada juga mengalami penurunan penjualan sampai 19 persen pada Januari-Februari 2014.
Penurunan pembelian mobil baru oleh masyarakat dipicu oleh krisis politik dan keamanan Crimea antara pemerintah Rusia dan Ukraina. Masalah ini membuat kondisi ekonomi berguncang, mengakibatkan nilai tukar ruble (mata uang Rusia) anjlok. Semakin membuat konsumen menunda pembelian, sampai perbaikan kondisi terjadi.

Related Posts:

1 Response to "Pembelian Mobil Impor Dibatasi di Rusia"